Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Galakkan Penggunaan Pupuk Organik

Galakkan Penggunaan Pupuk Organik

Written By Unknown on Thursday, February 20, 2014 | 10:44 PM



LAMONGAN  - Lamongan terus berupaya mengurangi ketergantugan pupuk kimia, dalam upaya meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman padi, salah satunya terus menggalakkan penggunaan agens hayati.

Bahkan penggunaan agens hayati sudah bisa dirasakan oleh petani, meski belum semua petani menggunakan pupuk organik ini. Bahkan gerakan penyemprotan dengan agens hayati terus disosialisasikan, salah satunya di Desa Brangsi Kec Laren Lamongan.

Bupati Lamongan Fadeli memimpin gerakan penyemprotan dengan agens hayati tersebut. Ia Turun sendiri ke ladang persawahan bersama Sekkab, dan petani setempat, Hadir pula dalam kesempatan itu Direktur Perlindungan Tanaman Pangan pada Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Erma Budiyanto.

Di Lamongan sendiri penggunaan agens hayati sudah semakin marak di tengah masih tingginya penggunaan pestisida yang terbukti merusak ekosistem. Saat ini tercatat ada 27 kelompok Pusat Pengembangan Agens Hayati (PPAH) yang sudah mengembangkan dan menerapkan pengendalian hama dengan agens hayati.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Lamongan, Aris Setiadi, seusai penyemprotan agens hayati di Desa Brangsi. Di Kecamatan Laren sendiri terdapat 3 kelompok tani yang memiliki PPAH.

Bahkan di Desa Gampang Sejati, juga di Kecamatan Laren, dia mengklaim sudah tidak ada lagi petani yang menggunakan obat-obatan kimia. "Ketahanan pangan di Lamongan selama ini terjaga dengan berbagai upaya. Sehingga tahun lalu Lamongan meraih penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dari Bapak Wakil Presiden Boediono," kata dia.

Bupati Fadeli sendiri menyebut gerakan penyemprotan dengan agens hayati itu sebagai bagian ikhtiar pemerintah daerah untuk meningkatkan produksi dan produktivitas padi, menuju pertanian yang berkelanjutan, dan ramah lingkungan."Kegiatan ini juga bagian upaya kami untuk mendukung Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN)," imbuh dia. jr
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika