Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Polisi Usut Ambruknya Gedung KPUD

Polisi Usut Ambruknya Gedung KPUD

Written By Unknown on Monday, November 25, 2013 | 3:12 AM

LAMONGAN  -  Diduga salahi bestek, tiga ruang kerja milik Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Lamongan mengalami kerusakan akibat dari runtuhnya gedung dua lantai yang sedang dalam proses pembangunan, Jumat (22/11/) siang ambruk.

Tiga ruang tersebut yakni ruang bendahara, ruang staf dan ruang kesekretaiatan. Sejumlah batu dan batako nampak berserakan di dalam ruang. Akibatnya, seluruh peralatan komputer dan dokumen yang ada di dalamnya mengalami kerusakan yang cukup parah. Kejadian ini membuat sejumlah staf KPU trauma.

Diduga, runtuhnya bangunan dua lantai yang rencananya akan digunakan sebagai ruang komisioner dan ruang rapat milik KPU ini akibat salahi bestek.

Emi, bagian keuangan KPUD Lamongan mengatakan, sebelum material runtuh sempat terdengar suara gemuruh dari atas, tak lama kemudian material berjatuhan ke bawah.

Selain merusak bagunan kantor KPU dan isinya, akibat dari runtuhnya bangunan ini juga memnyebabkan satu staf mengalami luka pada bagian kepala dan langsung dibawa ke rumah sakit guna perawatan medis. Dikhawatirkan, kejadian ini dapat menghambat proses tahapan pemilihan umum legislatif 2014 mendatang.

Polres Lamongan langsung merespon cepat adanya tragedi ambruknya dinding gedung baru KPUD yang masih dalam tahap pengerjaan, dengan menerjunkan tim ke lokasi untuk melakukan penyelidikan.

Tak tanggung-tanggung Polres membentuk tim dan satu tim terdiri dari 7 anggota, yang akan dikonsentrasikan untuk mengungkap persitiwa ini, apa ada unsur kelalaian atau kesengajaan, apalagi kontraktor CV Wah Cantiknya diduga bermasalah sejak awal dengan bangunan yang menghabiskan Rp 500 juta ini.

"Ya kita turunkan tim, pasca kejadian sudah ada petugas yang memberi tanda Police Line untuk mengawali penyelidikan, dan pihak-pihak terkait akan dimintai keterangannya," kata Kasatreskrim Polres Lamongan AKP Hasran, Minggu (24/11).

Pihaknya memastikan penyelidikan ini dilakukan secepatnya, apalagi sudah mendapatkan atensi dari Kapolres. "Secepat mungkin soal waktu belum kami jadwalkan," terangnya.

Jika dalam pemeriksaan nanti, lanjut pria yang juga pernah menjabat sebagai Kasatnarkoba ini ditemukan adanya unsur kelalaian dan kesengajaan tentu pihak penyidik akan menggunakan pasal kelalain yang menyebabkan seseorang terluka Pasal 360 KUHP. "Tentu sebelum kami menjerat pelaksana kontraktor kami akan dalami untuk melakukan pemeriksaan, dan kalau dalam pasal 360 KUHP unsurnya kuat, bukan tidak mungkin pelaksana proyek kita tetapkan tersangka," ungkapnya.

Kepala PU Cipta Karya Wahyudi saat dihubungi mengaku sudah mendapatkan laporan adanya peristiwa ambruknya gedung baru KPUD. Pihaknya dari awal sudah memberikan warning kepada pelaksana kontraktor untuk segera menyelesaikan proyek yang seharusnya sudah selesai pada 20 Oktober, bahkan bukan tidak mungkin kalau proyek ini tak kunjung selesai akan didenda.

"Soal denda memang PU Cipta Karya yang akan mensanksinya, kalau soal Blacklist itu nanti urusan dari bagian Pembangunan dalam hal ini Kabag Pembangunan," ujarnya.

Sekedar diketahui, ambruknya dinding gedung baru KPUK terjadi pada Jum'at (22/11) sekitar pukul 11.00 wib. Dinding yang ambruk tersebut terbuat dari batako, luasnya sekitar 1,5 meter persegi di ketinggian sekitar 5 meter. Kejadian itu sampai melukai 3 staf KPUD yang kebetulan sedang menjalankan aktifitasnya. Selain melukai staf KPUD, beberapa komputer laptop dan alat kantor lainnya seperti kursi, meja juga rusak terkena bongkaan Batako yang ambruk dari ketinggian 5 meter. jr
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika