Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Perwujudtan Pertanian Ramah Lingkungan Sudah Tepat

Perwujudtan Pertanian Ramah Lingkungan Sudah Tepat

Written By Unknown on Saturday, February 22, 2014 | 12:13 AM




LAMONGAN - Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, pada Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Erma Budiyanto, sangat mengapresiasi dengan inovasi pemerintah daerah yang menggalakan pertanian ramah lingkungan.

Kebijakan yang demikian inilah, salah satunya kebijakan yang bisa dikatakan selaras dengan keinginan Presiden, untuk mewujudkan pertanian yang berkelanjutan dengan penggunaan agens hayati untuk membasi hama.

"Kebijakan apapun harus mampu meningkatkan produksi, harus dapat mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran, serta mampu menjaga lingkungan yang lestari, dengan penggunaan agens hayati ini ia yakin hal itu bisa diwujudkan," katanya.

"Apa yang sudah dilakukan pemerintah daerah Lamongan, adalah sesuatu yang sangat tepat apalagi kebijakan ini selaras dengan keinginan presiden," kata Dirjen Tanaman Pangan kala itu.

Meski menurutnya, untuk mengubah perilaku petani beralih ke agens hayati tidaklah mudah, tapi Lamongan sudah mampu mewujudkannya, salah satunya memperluas skala SLPHT, dan itu sudah tepat.

Dikatakannya, penggunaan pestisida dan pupuk kimia secara berlebihan telah memulai lingkaran setan timbulnya ledakan hama tanaman. "Ekosistem yang tidak seimbang menyebabkan timbulnya hama dan penggunaan pupuk urea berlebihan telah merusak tanah sehingga mengancam produksi pertanian," kata dia.

Agen hayati menurutnya, bukan pengganti pestisida. Penggunaan agen hayati sangat bagus untuk pencegahan penyakit tanaman. Tapi bukan berarti dengan menggunakan agen hayati semuanya akan berjalan baik-baik saja.

Dia mengatakan hama penyakit meledak karena serangkaian penyebab. Maka soslusinyapun harus dengan serangkaian cara. Dia menyebut caranya adalah dengan menyehatkan tanah, menyehatkan tanaman dan meningkatkan keanekaragaman hayati. jr
Share this article :

1 comment:

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika