Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Undang Asing Investasi

Undang Asing Investasi

Written By Unknown on Friday, October 11, 2013 | 9:50 PM


LAMONGAN  - Kabupaten Lamongan, oleh Konsulat Jenderal Amerika Serikat (AS) kini disebut memiliki predikat ramah investasi. Hal tersebut disampaikan oleh Plh Kepala Bappeda Eko Agus Triandono pada acara Market Sounding Lamongan Water Supply di Hotel JW Marriot Surabaya, Rabu sore (09/10).

“Kedatangan investor tak bisa dihentikan. Kami harus memperbaiki layanan, termasuk yang kini kami tawarkan adalah investasi di bidang air bersih. Dengan dukungan investor, pasokan PDAM Lamongan bisa dinaikkan dua kali lipat”, imbuhnya.

Bukan hanya untuk konsumsi rumah tangga, pasar air bersih di Lamongan terutama untuk kalangan industri masih sangat terbuka. Karena menurut Eko, industri di pantura Lamongan hingga Gresik saat ini masih mengandalkan air bersih dan air tawar dari menyuling air laut.

Tentu saja biaya penyulingan tersebut sangat mahal, yakni mencapai sebesar Rp. 15.000 per meter kubik. Sedangkan PDAM Lamongan bisa menawarkan harga Rp. 6.700 per meter kubik untuk industri dan Rp. 2.700 untuk kebutuhan rumah tangga.

“Dengan mengambil air baku dari sumber air tawar, efisiensi yang bisa dicapai oleh industri bisa mencapai sebesar 60 persen, “ ungkap Maksum, Direktur PDAM Lamongan di kesempatan yang sama.

Kepada calon investor, Maksum menjelaskan adanya rencana pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) yang mengambil sudetan dari Sungai Bengawan Solo kemudian ditarik ke Sedayu untuk selanjutnya ditempatkan ke penampungan dengan kapasitas sekitar 65 juta meter kubik.

SPAM ini, lanjut Maksum, direncanakan akan melayani sekurang-kurangnya 41 persen penduduk pada tahun 2015. Yakni untuk keperluan industri dan pemenuhan kebutuhan masyarakat di wilayah Paciran, Brondong, Laren, dan Solokuro yang sampai saat ini baru terpenuhi lebih kurang 3 persen dari total populasi di wilayah tersebut yang sebesar 243.450 jiwa.

“Kapasitas SPAM ini bakal mencapai 200 liter per detik. Dari jumlah tersebut, 120 liter per detik untuk kebutuhan domestik atau rumah tangga dan 80 liter per detik sisanya untuk kebutuhan industri”, terang Maksum.

Investasi proyek SPAM tersebut diperkirakan menelan biaya sekitar Rp. 133 milliar. Untuk memnuhi kebutuhan investasi itu, Kabupaten Lamongan menggandeng Bappenas mengadakan Market Sounding Lamongan Water Supply untuk mengundang pihak swasta berinvestasi SPAM di pantura Lamongan dengan mekanisme BOT (build, operate, transfer).

Nilai investasi itu meliputi intake dan jaringan pipa transmisi, instalasi pengolahan air (IPA) serta reservoir dan jaringan pipa distribusi. Sementara Lamongan akan menanggung biaya pembebasan lahan. jr
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika