Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Gandeng ITS, RMI Jatim Tingkatkan Teknologi Informasi Pesantren

Gandeng ITS, RMI Jatim Tingkatkan Teknologi Informasi Pesantren

Written By Unknown on Sunday, October 27, 2013 | 4:14 AM



Surabaya, Pengurus Wilayah Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) NU Jawa Timur bersama Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar Workshop Sistem Informasi Manajemen Pondok Pesantren, Sabtu (26/10), di Gedung Rektorat Kampus ITS.

Loka karya ini diikuti 71 peserta dari unsur pengasuh pesantren, serta pengurus RMI atau asosiasi pesantren NU di tingkat cabang, dan wilayah, dan pusat. Kegiatan berlangsung dari pagi hingga sore di bawah bimbingan 7 dosen dan 25 mahasiswa ITS dengan materi rencana dan strategi penggunaan sistem.

Pengalaman implementasi dari PC RMI NU Sidoarjo dan Pesantren Matholiul Anwar Lamongan juga melengkapi wawasan forum tentang tema loka karya ini. Wakil Ketua Pengurus Pusat RMI H Agus Zainal Arifin mengatakan, kegiatan ini bermanfaat untuk memperluas akses informasi, meningkatkan mutu tata kelola pesantren.

Dr. Muhammad Faqi, pembantu rektor ITS, mengatakan, loka karya kali ini merupakan usaha membangun kembali kerja sama antara pesantren dan perguruan tinggi yang sangat jarang dilakukan di era 1990-an.

“Di tahun 50 sampai 60-an kiai ngendikan kalau umat Islam ingin maju, kuasai bahasa Arab dan Inggris. Sekarang tambah satu lagi, teknologi informasi. Kita tidak boleh hanya defensif dan tak berdaya menghadapi gerakan yang merugikan bangsa. Ini harus disikapi dengan cermat,” ujarnya.

Ketua PW RMI Jatim Reza Ahmad Syahid mengatakan, hasil dari kegiatan ini akan disosialisasikan kembali kepada warga NU dan pesantren-pesatren di sepanjang Kabupaten Banyuwangi hingga Kabupaten Ngawi.

Secara terpisah, Sekretaris PP RMI Miftah Faqih menilai pengembangan wawasan teknologi informasi penting dilakukan di tengah tantangan yang kian kompleks yang dihadapi pesantren. Pihaknya mendorong seluruh pengurus wilayah RMI dapat menyelenggarakan agenda yang serupa. (Ahmad Khayun/Mahbib)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika