Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Siapkan perencanaan penanggulangan bencana!

Siapkan perencanaan penanggulangan bencana!

Written By Unknown on Wednesday, June 5, 2013 | 11:58 AM

Lamongan latihan bikin PRB dan RAD-PRB

Para nara sumber palatihan PRB dan RAD-PRB(Foto: Ali Muhtar)

LENSAINDONESIA.COM: Setiap daerah diharuskan mempunyai perencanaan Penanggulangan Bencana terutama Rencna Penanggulangan Bencana (RPB) dan Rencana Aksi Daerah Pengurangan Resiko Bencana (RAD PRB).Sesuai Undang-undang nomor 24 tahun 2007.
Untuk mengumpulkan data awal dalam penyusunan RPB dan RAD PRB tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Lamongan, bekerjasama Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdatul Ulama (LPBI NU), bekerjasama dengan  Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AFIDR) Rabu (5/6/2013).
Bertempat di Sasana Nayaka Pemkab Lamongan, Sosialisasi ini diikuti 26 peserta dari Polres dan Kodim, SKPD, tokoh agama dan relawan. Menghadirkan nara sumber dari BPBD Provinsi Sugeng S. Yanu, Zuliati dari LPINU dan Didik Mulyono dari AIFDR yang menyampaikan materi, Metodologi penyusunan  peta risiko bencana tingkat kabupaten, Sistematika & kisi-kisi dokumen RPBD dan tahapan penyusunan rencana penanggulangan bencana tingkat kabupaten.
Agus Salim ketua LPBI NU KAbupaten Lamongan menegaskan, membuat Reancana Penanggulangan Bencana merupakan tugas kemanusiaan untuk mengurangi dampak bencana, apa yang akan dilakukan pra bencana, saat bencana maupun pasca bencana.
Selanjutnya dia mengingatkan, tanggung jawab bencana tidak semata-mata ada dipundak BPBD. Ada banyak aspek yang terkait dan terkena dampaknya seperti, pendidikan, keagamaan dan ketertiban keamanan. Karena itu data-data dari SKPD terkait, bisa dikumpulkan lalu dibentuk tim penyusun, dari sinilah akan lahir RPB dan RAD PRB.
Senada dengan ketua LPBI NU, Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan Yuhronur Efendi, juga menganggap pembentukan rencana aksi daerah dalam rangka penanggulangan bencanan, adalah sesuatu yang crucial dan diperlukan, mengingat tingkat ancaman bencana di Kabupaten Lamongan,tergolong rawan. Namun bila dilakukan bersama oleh semua sector semua aspek, tentu menjadi lebih terintegrasi dan semua bisa disatukan dalam sebuah dokumen aksi daerah. @ Ali Muhtar




http://www.lensaindonesia.com/2013/06/06/siapkan-perencanaan-penanggulangan-bencana.html
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika