Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Olahraga Wushu Dikenalkan di Kalangan Pelajar

Olahraga Wushu Dikenalkan di Kalangan Pelajar

Written By Unknown on Tuesday, February 26, 2013 | 8:28 PM

Pengcab WI Datangkan Dua Atlet Profesional

           Pelatihan Wushu Sanda di Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Lamongan(Foto: Ali Muhtar-LICOM)

Lamongan: Pengurus Cabang Wushu Indonesia (Pengcab WI) Kabupaten Lamongan mengenalkan cabang olag raga (cabor) ini di sekolah-sekolah melalui kegiatan pelatihan Wushu Sanda di Gedung Olahraga (GOR), Selasa (26/02/2013).
Pengenalan ini dilakukan sebab Wushu masih asing di sebagian besar masyarakat Lamongan, meski Pencab WI telah dibentuk sejak 2011 lalu.

Dalam pelatihan yang diikuti 94 orang peserta dari unsur guru SMP, SMA dan SMK tersebut, juga dilakukan peragaan oleh dua atlet Wushu Sanda dari Pengcab WI Sidoarjo, yakni Jefri dan Yaskur.
Wushu Sanda (dulu bernama Wushu Sanshou) sendiri adalah salah satu cabang wushu jenis tarung tangankosong, full body contact.

Dalam peragaan yang dipimpin Anang Afandi, wasit wushu asal Lamongan, diperagakan sejumlah gerakan yang ada dalam tarung Wushu Sanda. Sebagaimana diungkapkan Wakil Ketua Pengprov WI Jatim, Pujianto, hanya ada empat teknik dalam Wushu Sanda. Yakni teknik tendangan, bantingan, dorongan dan pukulan.
“Karena sangat sederhana, hanya ada empat teknik, olahraga ini sebenarnya sangat mudah untuk dikenalkan. Jika calon atlet sudah memiliki keberanian dan kepercayaan diri yang tinggi, pengenalan teknik dalam Wushu Sanda akan menjadi lebih mudah. “ ujarnya.

“Terlebih wushu ini adalah jenis pertarungan bebas, full body contact, “ imbuh dia. Namun dia menambahkan, segi keamanan sangat diperhatikan dalam Wushu Sanda.
Sehingga atletnya saat berlaga harus dilengkapi dengan pelindung kepala ,badan dan juga gigi. Mereka juga diwajibkan menggunakan sarung tangan seperti dalam olahraga tinju.

Pengcab WI Lamongan sendiri aktif mengikuti berbagai kompetisi. Seperti dalam Porprov Jatim III dua tahun lalu di Kediri yang mengirimkan enam orang atlet. Meski langkah mereka berhenti di babak semifinal. Sementara pada Porprov Jatim IV di Madiun Juni nanti, akan dikirmkan tujuh orang atlet.

Atlet Wushu Lamongan, Ernawati dari SMP Tri Sakti Kecamatan Modo pada 2008 lalu pernah sukses menjadi juara di ajang Seleksi Nasional (Seleknas) Wushu Sanshou pada kelas 56 kilogram wanita.@ali muhtar
Share this article :

1 comment:

  1. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............




    agen tiket murah

    ReplyDelete

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika