Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Pertamina Siap Ganti Rugi Uji Seismic di Lamongan

Pertamina Siap Ganti Rugi Uji Seismic di Lamongan

Written By Unknown on Thursday, September 27, 2012 | 1:39 AM

 

Lamongan - PT Pertamina EP sebagai pelaksana eksplorasi uji seismik di Lamongan akan memberi ganti rugi kepada warga yang bangunan atau lahannya rusak akibat proses peledakan uji seismik.

Publik Relation and Security Manager PT Pertamina EP, Yudi Majid kepada wartawan mengatakan, pihaknya sejak awal telah memberi sosialisasi mengenai pelaksanaan uji seismik kepada masyarakat yang kebetulan terkena dampak peledakan uji seismik ini.

Hanya saja, kata Yudi, proses ganti rugi kepada warga yang terkena imbas tersebut tidak bisa dilakukan seketika karena pihaknya masih mendata dan juga menunggu proses ganti rugi di lokasi lainnya selesai.

"Mudah-mudahan proses ganti rugi tersebut bisa kami lakukan awal oktober nanti," katanya.

Yudi menuturkan, pihaknya juga mengakui ada beberapa rumah warga dan sejumlah fasilitas umum seperti kantor kecamatan, masjid dan juga gedung sekolah yang retak-retak akibat ledakan uji seismik yang menggunakan bahan peledak berdaya ledak rendah yang memang khusus digunakan untuk uji seismik.

"Untuk gedung sekolah nanti pada 1 oktober sudah akan kami perbaiki," katanya.

Lebih jauh, Yudi menuturkan, pihaknya saat ini memang sedang melakukan proses uji seismik di 10 kecamatan di Lamongan yang mencakup setidaknya 112 desa. Proyek ini, kata Yudi, merupakan proyek eksplorasi yang berlangsung di blok minyak yang dikenal dengan blok Nona yang berada di 4 kabupaten di Jatim.

"Untuk pelaksanaan uji seismik di Lamongan saat ini sudah mencapai 72 persen," jelasnya.

Untuk itu, lanjut Yudi, pihaknya meminta agar warga yang merasa rumah atau lahannya terkena dampak uji seismik ini untuk melaporkan ke Pertamina atau kepala desa setempat.

"Kami berharap masyarakat bisa memberikan informasi kepada kami," pungkasnya.


Sebelumnya  Sejumlah bangunan di Lamongan mengalami kerusakan akibat kegiatan uji seismic migas yang dilakukan oleh PT Pertamina EP. Tidak hanya gedung sekolah maupun rumah warga, bangunan kantor kecamatan pun juga mengalami retak.

Kerusakan akibat uji seismic yang terjadi di kantor Kecamatan Mantup, setidaknya terjadi di 4 ruang. Dinding ruangan di 4 ruangan tersebut mengalami retak-retak.

Camat Mantup Radiono kepada wartawan mengatakan, kerusakan terparah terjadi di ruangan administrasi dan lahan parkir kantor kecamatan. Di 2 ruangan ini, retakan yang diakibatkan oleh ledakan seismic sangat besar dan membahayakan para pegawai yang ada di dalam ruangan tersebut.

"Kerusakannya seakan membuat dinding bangunan terpisah dari bangunan induknya," ujar Radiono kepada wartawan, Rabu (26/9/2012).

Selain dinding bangunan yang mengalami keretakan, lanjut Radiono, lantai gedung kantor kecamatan juga mengalami kerusakan dan terlihat retakan di lantainya. Kondisi ini, jelas Radiono, terang saja membuat para pegawai was-was karena gedung bisa sewaktu-waktu ambruk.

Lebih jauh, Radiono menjelaskan, selain 4 ruangan di kantor kecamatan yang mengalami kerusakan, ledakan seismic PT Pertamina EP di Kecamatan mantup ini juga mengakibatkan puluhan rumah warga mengalami kerusakan.

Pihak kecamatan sendiri terang Radiono, telah melakukan pertemuan dengan pihak yang menyelenggarakan uji seismic. "Dari pertemuan ini, pihak Pertamina berjanji akan memberikan kompensasi kerusakan rumah warga dan kantor kecamatan," jelasnya.

Sementara, kegiatan survei seismic di Kecamatan Mantup ini juga banyak dikeluhkan warga. Pasalnya, ketika survei seismic dengan peledakan itu dimulai, semua pemakai jalan dihentikan. Hal ini terang saja membuat pemakai jalan di jalur poros Lamongan - Mojokerto merasa terganggu.

Selain di Mantup, survei seismic ini juga dilakukan di kawasan Kecamatan Babat. Di Babat, sejumlah bangunan milik warga juga mengalami kerusakan diantaranya puluhan rumah, masjid serta sebuah gedung SD.

(fat/fat)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika