Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » KA Lamongan double Track sebgai Transportasi Massal Modern

KA Lamongan double Track sebgai Transportasi Massal Modern

Written By Unknown on Wednesday, September 26, 2012 | 11:51 PM

 Jakarta & Bandung Bakal Punya MRT, Surabaya Siapkan Kereta Layang

 Ilustrasi

Jakarta - Pemda Surabaya sedang menyiapkan transportasi massal moderen, digadang-gadang bisa menyaingi Bandung dan Jakarta. Di kota ini rencananya akan dibangun elevated railway (kereta layang) sepanjang 22 Km.

"Dari bandara Juanda ke Stasiun Gubeng sampai Tanjung Perak sepanjang 22 Km," ungkap Kepala Bidang Pengembangan Transportasi Dishub dan LLAJ Provinsi Jatim, Kurniawan Hari kepada detikFinance, Selasa (28/8/2012).

Kurniawan menjelaskan jika sebelumnya Pemprov Jatim melalui Dishub telah menjalin kerjasama dengan SNCF (Société Nationale des Chemins de fer Français), yang merupakan perusahaan Kereta Api asal Prancis untuk melakukan Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan. Kurniawan juga mengaku moda transportasi massal ini, nantinya membutuhkan investasi sebesar Rp 1,5 triliun.

"Nilai investasinya US$ 163 juta atau Rp 1,5 triliun," katanya.

Namun ia menjelaskan jika hingga saat ini belum ada investor yang melakukan penawaran serius untuk membangun moda transportasi masa depan Surabaya ini. "Belum ada investor yang menawar," tutupnya.

Roadmap proyek kereta api di Jawa Timur khususnya di Surabaya digadang-gadang sepanjang 110 Km yang terintegrasi dengan berbagai kota di Jawa Timur itu sebelumnya telah ditandatangani oleh Menteri Perhubungan saat dijabat Djuasman Syafeii Djamal dan Gubernur Jatim Imam Utomo pada 5 Agustus 2008.

Proyek itu terbagi atas dua tahap dengan total jalur yang dikerjakan mencapai panjang 110 km. Tahap I, skenarionya terdiri atas ruas Kandangan-Surabaya-Waru-Sidoarjo sepanjang 42 km termasuk program double track dan membuat jalur rel yang ditinggikan (elevated).

Tahap ini juga termasuk perbaikan stasiun dan pembangunan sejumlah perhentian (shalter). Tahap II berupa pembangunan jaringan KA menjadi double track untuk ruas Kandangan Surabaya-Lamongan, Surabaya-Mojokerto, Waru-Sidoarjo-Porong Sidoarjo-Bangil Pasuruan.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika