Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Ajak Masyarakat Bangkit, Tingkatkan Layanan Gedung Baru Diwujudkan

Ajak Masyarakat Bangkit, Tingkatkan Layanan Gedung Baru Diwujudkan

Written By Unknown on Wednesday, October 9, 2013 | 10:14 PM

 
Bupati Lamongan H. Fadeli, SH, MM. saat meresmikan Desa Kedukbembem Kecamatan Mantup sebagai Desa Mandiri Energi yang berbasis biogas dengan memanfaatkan kotoran ternak sapi sebagai bahan energi alternatif yang ramah lingkungan


LAMONGAN  - Diakui atau tidak, peran serta Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) dalam meningkatkan masyarakat untuk berdaya, bangkit dari keterpurukan dan kemiskinan di Lamongan boleh dibilang yang terdepan.

Karuan saja, karena kinerja yang cukup sukses selama kurun waktu 3 tahun belakangan ini, bupati Lamongan H Fadeli memberikan apresiasi kepada keluarga besar Bapemas dengan mewujudkan gedung baru senilai Rp 6,5 Miliar yang akan menjadi homebase Bapemas, dalam upaya terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat, untuk memberikan pelayanan maksimal karena beban dan volume pekerjaan memang cukup tinggi.

Gedung dua lantai tersebut saat ini pengerjaannya baru sekitar 70 persen, dan diharapkan pada akhir tahun 2013 sudah selesai, dan paling lambat pada bulan Maret tahun depan, keluarga besar Bapemas akan boyongan ke kantor baru. Tentu kantor baru, harus dibarengi dengan semangat baru, untuk terlecut bersama dalam upaya membangkitkan masyarakat Lamongan dari yang tidak berdaya menjadi berdaya.

"Saya sangat berterima kasih kepada bapak Bupati yang telah mewujudkan impian puluhan tahun bagi keluarga besar Bapemas untuk mempunyai kantor yang representatif seimbang dengan beban volume pekerjaan yang cukup besar di Bapemas," kata MS Heruwidi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas), Rabu (9/10) didampingi sekretaris A Edwin Anedi.

Ia lalu menyebutkan beberapa program yang kini sebagian besar tengah dikerjakan, mulai dari program pembangunan jalan poros desa (Japordes), program peningkatkan usaha ekonomi masyarakat, revitalisasi pasar desa, peningkatan pemberdayaan perempuan, menumbuhkembangkan semangat gotong royong, yang disebut dengan bulan bhakti gotong royong, PNPM Mpd, dan masih banyak program yang dilaksanakan, dan program kegiatan itu dari tahun ketahun mengalamai peningkatkan.

"Memang tidak ringat beban dan tanggung jawab untuk memberdayakan masyarakat, banyak hambatan dan tantangan yang harus dilalui dan dipecahkan bersama. Namun dengan jiwa dan semangat pengabdian yang tinggi kepada masyarakat, maka hal itu menjadi peluang untuk merai sukses disetiap program kegiatan yang dilaksanakan," katanya.

Mereka lalu mengambil contoh tentah program kegiatan PNPM MPd tahun 2013 yang tengah berjalan saat ini.Untuk Lamongan besar alokasi dana PNPM MPd mencapai Rp 53,9 Miliar yang tersebar di 25 kecamatan. Alokasi dana tersebut dua kali lipat dari tahun sebelumnya 2012 yang nilanya mencapai Rp 27 M, dan Lamongan menjadi satu satunya Kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai alokasi dana PNPM MPd terbesar.

Alokasi besar tersebut bagi Bapemas adalah merupakan suatu kepercayaan yang sangat tinggi nilainya yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, kesetiaan , kejujuran, dedikasi dan daya juang yang tinggi. "Dan Alhamdulillah progres pelaksanaan PNPM MPd saat ini sudah terserap mencapai 75,80 persen," ujarnya.

Capaian tersebut kata Heru yang juga didampingi Poedjianto Kabid SDD dan Teknologi Tepat Guna katanya tidaklah muda dilakukan, banyak hambatan yang dirasakan, mulai adannya dampak pilkades dan dibarengi adanya pergantian kepengurusan ditingkat lembaga desa, isu nasional 20 persen dari dana alokasi PNPM MPd digeser ke tahun 2014 yang berdampak pada penghentian pelaksanaannya hingga menunggu kepastian dari pemerintah pusat.

Belum lagi soal kenaikan BBM yang berakibat pada kenaikan harga bahan bangunan dan setiap desa harus menghitung ulang RAB, adanya reposisi para fasilitator di tingkat kecamatan dan Kabupaten juga menjadi salah satu penghambat. Tapi dengan tekad dan semangat tinggi diperkirakan pada akhir November pelaksanaan PNPM MPd sudah selesai 100 persen, karena pertengahan bulan November Bapemas akan memberikan apresiasi terhadap pelaku pemberdayaan masyarakat melalui Kudamas Award, pelaksanaan mendatang adalah kali ketiga.

Jika dievaluasi dan dicermati, program PNPM MPd adalah program terbaik dalam hal pemberdayaan masyarakat yang dimiliki oleh pemerintah, hal ini tidak berarti program yang lain tidak baik, karena program PNPM MPd harus melalui berbagai tahap yang ketat mulai sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan. "Satu program PNPM MPd bisa terealiasi harus melalui sedikitnya 12 tahapan," katanya. jr
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika