Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Pesantren Darul Ma'arif Lamongan Lolos Seleksi Festival Film Santri (FFS)

Pesantren Darul Ma'arif Lamongan Lolos Seleksi Festival Film Santri (FFS)

Written By Unknown on Sunday, July 21, 2013 | 9:33 AM

Pesantren Kampanyekan Islam Toleran Melalui Film




Cirebon, Serangkaian tindakan intoleransi masih sering terjadi di Indonesia. Realita tentang keberagaman suku bangsa, ras, dan agama di negara ini rupanya belum menjadikan beberapa kelompok terbiasa untuk menerima perbedaan tersebut, hingga pada akhirnya  mereka menolak untuk hidup damai dan berdampingan dengan kelompok lain.

Berbeda dengan pesantren,  lembaga pendidikan ini cenderung mengajarkan Islam dengan lembut dan penuh kedamaian, maka sudah saatnya pesantren tidak hanya mengajarkan untuk kalangan santri, tapi mengkampanyekan pemahamannya tersebut melalui berbagai media, salah satunya melalui film.

Hal tersebut diungkapkan oleh Agus Nahrowi , Direktur Program Search for Common Ground (SCG), dalam acara “Diskusi Film Santri” di Gotrasawala Center, Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon, Jumat (19/7).

“Sebenarnya Islam yang toleran itu ada di pesantren, tapi santri kurang menyebarkan pemahaman Islamnya itu kepada khalayak. Atas dasar itu, kami melatih para santri untuk membuat film dokumenter dan untuk pertama kalinya di dunia, kami buat Festival Film Santri (FFS). Dalam program tersebut, ada 21 film dokumenter buatan santri dari seluruh Indonesia. Tapi yang kita seleksi ada 10 film. Dengan begitu, kita harap pesantren bisa menyebarkan Islam yang toleran tersebut,” ungkap Agus.

Sementara itu, Deputi Rektor Bidang Kemahasiswaan ISIF, KH Marzuki Wahid menyambut baik atas inisiasi pembuatan film dokumenter pesantren bertemakan perdamaian dan toleransi tersebut. Menurutnya, film merupakan media yang strategis untuk menyuarakan perdamaian, terlebih hasil karya para santri, di dalamnya tentu mengungkapkan fakta-fakta bahwa toleransi memang ada dalam akar-akar keislaman pesantren.

“Islam toleran di pesantren merupakan fakta terpendam yang belum terungkap, dengan terbukanya berbagai fakta yang membuktikan bahwa pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia menyebarkan Islam toleran, bangsa ini harusnya optimis untuk terus menganyam keberagaman sebagai pondasi indonesia,” sambut Kiai Marzuki.

Deputi rektor juga menambahkan, pemutaran film ini sangat tepat digelar pada bulan puasa. Sebab, di bulan ini, hati setiap manusia dilatih untuk menjadi lembut.

Dalam proses seleksi karya, FFS telah memutuskan 10 pesantren yang karyanya lolos dan akan diputar di 30 pesantren, perguruan tinggi, dan komunitas sosial lainnya di Indonesia, yakni Pesantren Raudhatul Banat (Cirebon), Al-Ihya Ulumuddin (Cilacap), Al-Muayyad (Surakarta), Nahdhatul Ulum (Makassar), Darul Ma'arif (Lamongan), Qathratul Falah (Banten), Baitul Hikmah (Tasikmalaya), Al-Ghazali (Bogor), As-Shiddiqiyyah (Tangerang), dan Sabilul Hasanah (Palembang).


Redaktur    : A. Khoirul Anam
Kontributor: Sobih Adnan
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika