Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » 40 Kepsek Dapat Pelatihan Koperasi

40 Kepsek Dapat Pelatihan Koperasi

Written By Unknown on Friday, November 1, 2013 | 2:26 AM

Aris Wibawa




LAMONGAN (surabayapagi.com) - Sebanyak 40 kepala sekolah SMP dan SMA Negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Lamongan, sejak Kamis (31/10) dan Jum'at (1/11) mendapatkan pelatihan. Pelatihan ini diadakan untuk mengetahui cara mendirikan Koperasi yang berbadan hukum, beserta pengembangganya, di salah satu hotel di Lamongan oleh Diskopindag setempat.


Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Aris Wibawa mengatakan, pelatihan kepada para Kepala Sekolah ini sebagai langkah awal untuk membina dan mengajak pengelola koperasi di sekolah agar lebih dikembangkan. Salah satunya melegalkan koperasi hingga berbentuk badan hukum.


Dikatakannya, dari data yang ada di Diskopindag, koperasi yang ada di sekolah mayoritas masih belum mempunyai badan hukum. Untuk itu pelatihan yang diselenggarakan oleh Diskopindag ini bagian langkah awal untuk tahapan menuju Koperasi mandiri dan tentunya berbadan hukum.


"Untuk sementara baru 40 kepala sekolah SMP dan SMA yang kita undang untuk pelatihan ini, karena target kami dalam waktu dekat ini, setidaknya sudah ada 40 sekolah yang sudah mempunyai Koperasi berbadan hukum,"terangnya.


Sementara itu, perkembangan koperasi di Lamongan saat ini cukup pesat. Di tahun 2012 lalu, aset koperasi tercatat sebesar 491,770 miliar. Dengan jumlah anggota mencapai 198.441 orang. Di tahun yang sama omset koperasi mencapai 971,170 miliar. "Sejak tahun 2010 hingga tahun 2012, bantuan penguatan modal yang diberikan kepada koperasi oleh pemerintah daerah mencapai Rp 11,7 miliar. Selain itu sebanyak 1.425 anggotanya menerima berbagai pelatihan dari Diskopindag Lamongan,"kata dia.


Hingga saat ini, jumlah koperasi yang masih aktif di Lamongan mencapai 88 persen atau sejumlah 977 unit koperasi yang berdiri. Meski demikian, Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) setempat mengklaim terjadi peningkatan jumlah koperasi berstatus aktif. Karena di tahun sebelumnya, hanya ada 77,6 koperasi yang aktif.jr

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika