Home »
hukum
,
Peristiwa
,
politik hukum dan pemerintahan
» Pasca Banjir, BPBD Jatim Siapkan Dana Bencana Rp 160 Miliar
Pasca Banjir, BPBD Jatim Siapkan Dana Bencana Rp 160 Miliar
Written By Unknown on Friday, January 25, 2013 | 2:05 AM
LAMONGAN -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim menyiapkan anggaran Rp 160 miliar untuk penanganan pascabencana.
"Pascabanjir, BPBD telah menyiapkan tiga fase penanganan. Yaitu Siaga Darurat, Tanggap Darurat dan Transisi,"ungkap Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jatim Sudarmawan saat mendampingi kunjungan kerja (kungker) Komisi E DPRD Jatim di Ruang Sasana Nayaka Pemkab Lamongan, Jumat (25/01/2013).
Untuk fase siaga darurat telah menyiapkan buffer stock berupa sembako, glangsing, perahu karet, bronjong dan keperluan darurat banjir lainnya. Termasuk pendirian posko, baik posko induk maupun posko lapangan. Sudarmawan menambahkan, tahap transisi BPBD Jawa Timur menyiapkan dana Rp 160 miliar untuk 11 kabupaten yang terkena bencana. Tapi dana itu belum bisa dibagikan karena menunggu fase pascabencana banjir dan longsor yang masih belum berakhir.
“Karena itu kabupaten yang tertimpa bencana segera mendata dan mengusulkan penangan kedaruratan pada masa transisin,"pintanya.
Ditambahkan, Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur juga telah menurunkan sekitar 50 orang Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Lamongan saat terjadi banjir. Mereka merupakan relawan masyarakat yang sudah terlatih.
Terkait buffer stock, Zainal Arifin, Kabid Bantuan dan Perlindungan Sosial, Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur Zainal Arifin mengatakan sudah memberikan bantuan melalui Dinas Sosial kabupaten Lamongan. Pihaknya juga menyiapkan 100 ton beras untuk masing-masing Kabupaten/kota di Jawa Timur.
Sekkab Lamongan, Yuhronur Efendi di depan rombongan Komisi E menambahkan, Pemkab Lamongan sendiri sudah melakukan berbagai langkah dalam menanggulangi bencana. Memberikan bantuan logistik dan menggerakkan masyarakat
Labels:
hukum,
Peristiwa,
politik hukum dan pemerintahan
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !