Headlines News :
http://picasion.com/
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Lamongan Ultah ke 444, Bupati Ziarah ke Makam Ibunda Gajah Mada

Lamongan Ultah ke 444, Bupati Ziarah ke Makam Ibunda Gajah Mada

Written By Unknown on Saturday, May 25, 2013 | 7:48 PM

  Bupati Lamongan ziarah/Eko Sudjarwo

 Lamongan - Ada yang berbeda dalam Peringatan Hari Jadi Lamongan kali ini. Satu hari sebelum 26 Mei, selalu diawali ziarah ke leluhur Lamongan. Kali ini, usai ziarah dan tabur bunga di Makam Mbah Lamong (Tumenggung Surajaya), Mbah Punuk dan Mbah Sabilan di kawasan kota, Bupati Fadeli bersama pimpinan daerah juga mengunjungi makam sesepuh di Dusun Cancing Desa Sendangrejo Kecamatan Ngimbang.

Di desa ini, terdapat makam dari Nyi Andong Sari yang diyakini sebagai ibunda dari Mahapatih Gajah Mada. Di desa ini pula, diyakini sebagai tempat kelahiran Hadi, yang kelak dilantik oleh Sunan Giri IV menjadi Adipati Lamongan yang pertama dengan gelar Tumenggung Surajaya pada 10 Dzulhijjah 976 Hijriyah atau bertepatan dengan Kamis Pahing tanggal 26 Mei 1569 Masehi.

Menurut Ketua Umum Panitia HUT ke 444 Kota Lamongan, Yuhronur Efendi, kunjungan ke Makam Nyi Andong Sari sengaja dilakukan agar perayaan tidak terkesan hanya menjadi milik masyarakat Kota Lamongan saja.

Terlebih jika menilik sejarah masa lalu, wilayah Lamongan Selatan adalah daerah yang sangat strategis bagi kerajaan-kerajaan besar seperti Airlangga dan Majapahit.

"Dalam peringatan HUT ini ke depan, dimungkinkan akan dilakukan kunjungan dan ziarah ke wilayah-wilayah lain di Lamongan terkait leluhur kabupaten ini. Seperti di wilayah utara yang dulu juga pernah berdiri perdikan-perdikan Islam seperti Perdikan Drajat, Sedayu dan Sendhang Duwur," ungkap Yuhronur.

Untuk menuju ke makam Nyai Andongsari yang dipercaya sebagai makam Ibunda Mahapatih Gajah Mada tersebut, bupati dan rombongannya harus melewati tangga undakan. Makam yang kini sudah direhab Pemkab Lamongan dan difungsikan sebagai Peninggalan Situs Bersejarah sekaligus tempat Wisata sejarah ini setiap hari dikelola dan dirawat oleh seorang juru kunci makam.

Makam ini menurut sang juru kunci merupakan bukti fisik akan keberadaan asal usul Gajah Mada. Gunung atau biasa juga disebut bukit Ratu tempat Nyai Andongsari dimakamkan. Dulunya merupakan petilasan dari Dewi Andong Sari yang diusir dari Majapahit, karena iri hati dari permaisuri Dara Petak dan Dara Jingga karena khawatir memiliki seorang putra.

Di bukit inilah tempat Dewi Andongsari menjalani hari-harinya sampai akhirnya melahirkan Joko Modo atau yang kemudian dikenal sebagai Gajah Mada. Di masa mudanya, Gajah Mada besar di daerah ini yang kemudian mengabdi ke Majapahit hingga akhirnya menjabat sebagai mahapatih. Di daerah Lamongan selatan sendiri memang banyak sekali cerita rakyat yang berkembang tentang asal usul Gajahmada tersebut.
(fat/fat)

http://news.detik.com/surabaya/read/2013/05/25/165648/2255827/475/lamongan-ultah-ke-444-bupati-ziarah-ke-makam-ibunda-gajah-mada
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. lamongan online - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika